Senin, Februari 16, 2015

EVALUASI PROGRAM PENDAMPINGAN GURU SD DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013



A. PENDAHULUAN
SEJAK diberlakukannya Kurikulum baru pada pertengahan tahun 2013 yang lalu maka banyak hal yang perlu dilakukan agar kebijakan pemerintah terkait dengan perubahan kurikulum ini dapat terlaksana dengan baik.  Salah satu yang menjadi pertimbangan agar Kurikulum 2013 dapat diterima dan diimplementasikan, maka perlu mempertimbangan faktor-faktor keberhasilannya. Faktor keberhasilan implementasi Kurikulum terbagi menjadi dua kategori, yaitu pertama faktor penentu (buku sebagai bahan ajar, tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi), kedua faktor pendukung (penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pemantauan, serta penguatan manajemen dan budaya sekolah).  Baik faktor penentu maupun faktor pendukung, keduanya saling terkait dan melengkapi agar tujuan pendidikan dapat tercapai. 
Langkah awal yang telah dilakukan dalam Implementasi Kurikulum 2013 adalah melakukan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang diperuntukan bagi guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Ketiga komponen ini sangat berperan dalam keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013 di lapangan. Oleh karena itu untuk memelihara dan meningkatkan kesinambungan pemahaman dan implementasi Kurikulum 2013 pada masing-masing satuan pendidikan, diprogramkan kegiatan pendampingan untuk para guru dan kepala sekolah.  Program pendampingan ini dianggap perlu dilakukan, karena walaupun guru telah dilatih kurikulum 2013 selama lima hari berturut-turut akan tetapi daya serapnya masih di bawah rata-rata.  Hal ini dapat dipahami karena sebagian besar guru belum memaknai alasan perubahan kurikulum dengan baik, sehingga mindset atau pola pikir mereka masih belum berubah.  Hal ini tentu saja akan memengaruhi penerimaan dan pemahaman guru terkait kurikulum 2013 selanjutnya, di sinilah peran penting program pendampingan. Program pendampingan ini dilakukan sebagai penguatan dalam memahami konsep Kurikulum 2013 berikut perubahannya di lapangan serta untuk membantu mengatasi berbagai kendala yang akan muncul pada saat implementasi kurikulum berlangsung.  Untuk memperoleh strategi pendampingan kurikulum 2013 secara tepat, maka terlebih dahulu perlu melakukan evaluasi program pendampingan. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Evaluasi Program Pendampingan Guru SD dalam Implementasi Kurikulum 2013? Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi pihak penyelenggara program pendampingan implementasi kurikulum 2013 dalam merancang dan melaksanakan proses pendampingan yang efektif, efisien dan menarik.  

1 komentar:

Kamaruddin mengatakan...

Alhamdulillah, Terima kasih banyak bapak. Sangat membantu untuk teropong penelitian tesis saya..